Home » » Makanan Pedas dapat Mencegah Kanker

Makanan Pedas dapat Mencegah Kanker

Jika Anda suka makan sambal, kemungkinan besar Anda akan terhindar dari kanker. Para ilmuwan menemukan bahwa makanan pedas berkhasiat membunuh sel kanker. Mereka menyatakan bahwa zat capsaisin, yang ada di dalam cabai menyebabkan sel kanker mati dengan menyerang mitokondria yang merupakan pembangkit tenaga bagi sel. Capsaicin adalah zat yang terdapat dalam senyawa capsicum yang berfungsi mencegah pengikatan karsinogen (zat yang mendorong timbulnya kanker) dengan DNA, dan membantu memberikan perlindungan dari kanker.

Mengkonsumsi cabai rawit dapat membantu mengurangi resiko kanker, serta dapat menghambat perkembangan sel kanker paru-paru dan kanker pankreas. Proses ini dikenal dengan sebutan apoptosis.

Berdasarkan American Association for  cancer Research, capsaicin dapat membunuh sel kanker dan juga leukemik. Kunyit yang ditemukan dalam bentuk bubuk kari dan mustard juga bisa memperlambat penyebaran kanker serta pertumbuhan tumor. Kombinasi antara kunyit dan lada hitam bakal membuat efeknya lebih berlipat ganda. 

Senyawa capsaicin dalam makanan pedas dapat memunculkan sensasi panas di lidah. Rasa panas di lidah terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat. Dalam sebuah studi oleh American Chemical Society disebutkan bahwa kandungan capsaicin dapat membantu mengurangi penumpukan kolesterol sekaligus meningkatkan aliran darah dengan menghambat gen yang menyebabkan penyempitan arteri di jantung.
Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template