Home » » Telur, Si Kaya Protein dengan Banyak Khasiat

Telur, Si Kaya Protein dengan Banyak Khasiat

Telur memang telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi manusia. Harganya yang relatif murah, praktis dan sarat gizi seringkali menjadi alasan orang lebih memilih telur ketimbang sumber protein hewan lain. Komponen asam amino penyusun protein telursangat lengkap dan tinggi jumlahnya. Itulah sebabnya para ahli gizi menggunakan telur sebagai standar mengukur mutu protein berbagai jenis makanan lain. 

Kandungan protein telur sangat tinggi, mudah dicerna dan diserap oleh usus, sehingga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan tubuh. Telur terutama bagian kuningnya mengandung hampir semua macam vitamin, kecuali vitamin C. Telur juga merupakan sumber vitamin D alami kedua terbesar setelah minyak ikan hiu. kandungan mineralnya pun lengkap, yang membuat telur memiliki banyak khasiat, seperti menyembuhkan penyakit jantung koroner, kelelahan tubuh, maag serta kencing manis.

Namun konsumsi telur mentah tidak dianjurkan bagi orang-orang yang mudah terinfeksi salmonella, seperti orang berusia lanjut, orang sakit atau lemah dan wanita hamil. Sebagai tambahan juga, telur mentah hanya mengandung 51% zat gizi biologis sementara telur yang sudah dimasak mengandung hampir 91% zat gizi biologis. Artinya, kandungan protein dalam telur matang hampir dua kali lipat dapat diserap tubuh daripada telur mentah jika dikonsumsi.

Telur ayam juga mengandung lecithin, yakni sejenis vitamin suplemen yang bila dikonsumsi dengan benar dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Fakta ini sekaligus melunturkan mitos bahwa telur adalah penyebab tingginya kadar kolesterol. meningkatnya kadar kolesterol dalam darah disebabkan oleh pola makan tak sehat secara keseluruhan. 

Share this on :

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Berbagi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template