Balapan Makan, Lontong Balap Surabaya

Masih dalam rangka menikmati kuliner khas kota Surabaya. Makanan yang satu ini memiliki nama yang unik, yakni Lontong Balap. Terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Serta tidak lupa pasangannya yaitu sate kerang.

Konon katanya disebut lontong balap karena dahulu makanan ini tidak dijual dengan gerobak dorong. Penjualnya memakai gentong berukuran besar dan berat sehingga penjualnya harus berjalan cepat seperti orang balapan.

Berbicara tentang lontong balap sebenarnya tidak susah menemukan orang berjualan makanan ini di kota Surabaya. Tapi ada beberapa tempat makan lontong balap yang direkomendaskan karena rasanya yang cukup enak.

Salah satunya adalah Lontong Balap - Sate Kerang Pak Tjip yang terletak di Jl. Gubeng Kertajaya XV Raya, Surabaya. Lokasinya sedikit masuk gang, tapi tidak jauh dari Jalan Raya Kertajaya Surabaya. Jika mau ke sini sebaiknya datang pagi atau siang, karena sore sedikit biasanya sudah tutup.




Rasanya sudah pasti enak, kecambahnya pas renyahnya dan sambalnya terpisah. Berbeda dengan yang dijual keliling biasanya petisnya cukup banyak. Di sini kita bisa menambahkan sambal sesuai selera. Nah biar lebiih mantab, nikmati pula sate kerang dan minum es degan.

No comments:

Post a Comment