Belajar Membuat Shibori

Minggu ini kita belajar bikin shibori ya. Sebelumnya mari berkenalan terlebih dahulu dengan si cantik Shibori. 
Shibori yang biasa dikenal dengan kain batik dari Jepang adalah sebuah teknik perwarnaan kain asal Jepang yang dilakukan dengan cara melipat, mengikat dan mencelup. Ada beberapa teknik shibori, tetapi yang kita pelajari hari ini adalah teknik Itajime. Itajime dibuat dengan cara melipat  lalu ditekan dan diikat dengan karet, meskipun pada beberapa teknik ada yang menggunakan kayu sebelum diikat.

Nah bahan apa saja yang dibutukan dalam membuat shibori?
1. Yang pertama dibutuhkan adalah kain katun polos yang biasa digunakan sebagai bahan dasar membatik. Untuk membuat shibori dengan bahan katun, kita bisa menggunakan kain prima atau primisima.

2. Kedua, tentu saja bahan pewarna. Untuk belajar kali ini kita gunakan pewarna sintesis yaitu remasol dan water glass yang digunakan untuk menguatkan warna pada shibori.

3. Yang terakhir yag juga penting adalah karet gelang dan sarung tangan karena bahan pewarna yang digunakan mengandung bahan kimia.

Selanjutnya bagaimana cara membuatnya?
Pertama kita akan belajar melipat kain. Bentangkan kain pada permukaan yang luas dan mendatar lalu buat lipatan memanjang bolak balik seperti kipas. Setelah itu kita lipat lagi bisa dengan bentuk persegi atau segitiga. Setelah itu ikat dengan karet hingga kuat.

Untuk pewarnaan, siapkan dua wadah. Wadah yang pertama untuk larutan waterglass yang diencerkan dengan air. Wadah kedua untuk campuran zat pewarna dengan air hangat.


Proses pewarnaannya. 
1. Pertama celupkan kain yang sudah diikat pada cairan waterglass diamkan dalam beberapadetik lalu celupkan pada bahan pewarna. Pada pencelupan ini tidak perlu terlalu lama ya.. Cukup dengan hitungan 10 detik saja.

2. Lakukan pewarnaan sesuai motif yang diinginkan. Setelah itu diamkan selama kurang lebih satu jam sebelum dicelupkan lagi pada larutan waterglass. 

3. Setelah itu diamkan kain di tempat terbuka selama 8 jam untuk hasil pewarnaan yang maksimal, baru kemudian dibilas.



Setelah proses pembilasan keringkan kain dengan cara dibentangkan ya....jangan digantung, supaya warna tidak nerembes ke bawah. Baru setelah kering bisa dibilas lagi dan dijemur dengan cara digantung.


Ini hasil batik yang saya buat dengan menggunakan dua warna yakni orange dan biru. Cantik kan hasilnya








No comments:

Post a Comment